Selasa, 08 November 2011

KEKERASAN DALAM PERPACARAN

Siapa bilang dalam pacaran ada yang harmonis?Dan siapa bilang dalam pacaran tidak terjadi kekerasan?Segala bentuk tindakan yang mempunyai unsur pemaksaan, tekanan, perusakan, dan pelecehan fisik maupun psikologis dalam hubungan pacaran itulah kekerasan dalam pacaran.Meski bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan, fakta menunjukkan bahwa perempuanlah yang lebih sering menjadi korban dari prilaku kasar sang laki-laki.Kekerasan dalam pacaran bisa dibagi dalam tiga bentuk yaitu:
Pertama kekerasan fisik, misalnya memukul, menendang, menjambak rambut, mendorong, menampar, menonjok, mencekik, menganiaya bagian tubuh, menyundut dengan rokok, atau memaksa ke tempat yang membahayakan keselamatan kita.

Kedua, kekerasan seksual yang bentuknya bisa berupa rabaan, ciuman, sentuhan yang tidak kita kehendaki, pelecehan seksual, paksaan untuk melakukan hubungan seks dengan beribu satu alasan tanpa persetujuan kita.

Ketiga kekerasan emosional yang berupa ancaman, tekanan, cacian, menjadikan kita bahan olok-olok dan tertawaan, memberi julukan yang bikin sakit hati, cemburu berlebihan, melarang dan membatasi aktifitas, membatasi pergaulan, larangan bertegur sapa dengan orang lain dan pemerasan.
Cara menghindari Kekeraan Dalam Berpacaran yaitu:
1. Berani Berkata “Tidak!”. Dalam berpacaran harus bisa berani bilang Tidak dalam memutuskan apa yang kita inginkan dan tidak kita inginkan.
2. Hargai Tubuh Kita. Tunjukkan pada pacar bahwa kita sangat menghargai tubuh kita. Kalau dia benar-benar mencintai Anda, dia pun akan belajar memahaminya.
3. Tekankan Makna Pacaran.Jangan takut untuk mendefinisikan makna pacaran dan bagaimana hubungan akan dibina ketika pacar mulai meminta sesuatu yang tidak Anda kehendaki.
4. Menjadi diri sendiri.Belajarlah menjadi diri sendiri.
5. Cari dukungan.Karena kekerasan dalam pacaran juga dipengaruhi oleh aspek budaya, untuk mengubahnya juga harus dilakukan bersama-sama.

 itulah cara bagaimana cara menghindari kekeraan dalam berpacaran sampai berumah tangga dan jalanilah hidup berpacaran yang sehat dan menurut ajaran islam.

Nama : Nur Komala Sari
Kelas: 5 KA 25
Npm  : 17110365

Tidak ada komentar:

Posting Komentar